KEMENTERIAN KOPERASI DAN USAHA KECIL DAN MENENGAH REPUBLIK INDONESIA

Awal Tahun, Puspayoga Kunjungi PIK Pulogadung?

Tuesday, 03-January-2017 22:38 | Berita Kementerian, News Ticker

Jakarta - ?Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga mendukung penuh rencana Koperasi Perkampungan Industri Kecil (Kopik) untuk membentuk Jaringan Usaha Koperasi (JUK), khususnya pemasaran produk koperasi, di seluruh Indonesia.

"Ini program jaringan pemasaran yang luar biasa. Dengan adanya jaringan pemasaran antar koperasi di seluruh Indonesia, maka kendala pemasaran yang selama ini membelit koperasi produksi bisa kita atasi. Saya mendukung penuh upaya tersebut, dan berharap hal itu segera direalisasikan", kata Puspayoga saat meninjau Perkampungan Industri Kecil (PIK) termasuk industri logam (suku cadang kendaraan bermotor) yang bekerjasama dengan PT Astra di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur, Selasa (3/1).

Pada kunjungan kerja awal tahun di kawasan PIK yang memiliki luas 37,5 hektar itu, Puspayoga didampingi Deputi Pengembangan SDM Kemenkop dan UKM Prakoso BS, Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Pemprov DKI Jakarta Irwandi, dan juga Ketua Koperasi PIK Ali Rasyidi.

Menkop menegaskan, bila jaringan pemasaran antar produk koperasi ?di seluruh Indonesia, maka pasar lokal tidak akan dibanjiri barang impor lagi. "Oleh karena itu, saya tegaskan lagi, jaringan usaha koperasi di seluruh Indonesia bisa segera terjalin", kata Menkop.

Menkop juga menyebutkan bahwa potensi PIK Pulogadung sangat luar biasa. Selain untuk dikembangkan pemasarannya, juga bisa dijadikan sebagai destinasi unggulan wisata belanja. "Ini yang harus kita pikirkan bersama, bagaimana menjadikan PIK Pulogadung sebagai kawasan wisata belanja unggulan", tandas Puspayoga, saat berada di salah satu sentra sepatu di kawasan PIK Pulogadung.

?Dalam kesempatan itu, Ketua Koperasi PIK Ali Rasyidi mengungkapkan bahwa, program Jaringan Usaha Koperasi (JUK) pernah digulirkan beberapa tahun lalu. "Namun, hal itu bisa dibilang gagal, karena JUK justru tidak menyentuh komoditi-komoditi hasil produksi koperasi. Harusnya, JUK benar-benar untuk memasarkan produk buatan koperasi, termasuk produk buatan PIK. Kami berharap, jaringan usaha koperasi atau JUK bisa diwujudkan di era sekarang", kata Ali seraya menyebutkan bahwa Kopik beranggotakan 600 orang (yang aktif 300 orang) yang semuanya pelaku industri kecil di PIK Pulogadung.

Ali meyakini bahwa bila linkage pemasaran antar koperasi di seluruh Indonesia? bisa diwujudkan akan menjadi satu kekuatan yang sangat besar. "Bayangkan, bila produk buatan koperasi, termasuk yang ada di kawasan PIK Pulogadung ini bisa masuk ke Papua, Kalimantan, Sulawesi, dan sebagainya, melalui jaringan usaha koperasi tadi. Untuk hal itu, kita bisa kerjasama pemasaran dengan banyak Koperasi Pasar dan Koperasi Karyawan di seluruh Indonesia", tandas Ali.

Selain itu, Ali menjelaskan, anggota Koperasi PIK ?bergerak di sektor kerajinan kulit (sepatu, sandal, tas, dompet, sarung tangan), garmen (kemeja, tshirt, busana Muslim, bordir, pakaian anak-anak, dan sebagainya), sentra aneka (sablon, roti, percetakan, bakso, kopi, aksesoris), sentra logam (elektrikal, mekanikal, dan lain-lain), serta sektor mebel. "Bahkan, untuk sentra logam, kita sudah bekerjasama dengan perusahaan besar seperti Astra, dalam pengadaan suku cadang kendaraan bermotor buatan PT Astra", pungkas Ali.?

Humas Kemenkop dan UKM

Jakarta 03 Januari 2017

LAMPIRAN

WEB TERKAIT

Tuesday, 07-February-2017 11:57

pembiayaan.depkop.go.id

Wirausaha Pemula 3 - Fokus Utama Wirausahaan Pemula Tahun 2017

Monday, 25-January-2016 20:19

www.depkop.go.id [tampilan versi lama]

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. Alamat:Jl. HR. Rasuna Said Kav. 3-4 Kuningan, Jakarta Selatan 12940

Monday, 25-January-2016 20:19

www.lpdb.id

Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Jl. Letjend. MT. Haryono Kav. 52-53 Jakarta 12770 - Kotak Pos 4370 Telepon. 021-7901440, 7990756 Fax. 021-7989746

Monday, 25-January-2016 20:19

www.smescoindonesia.com

SMESCO Indonesia. Alamat: Gedung SME Tower Lt.5, Jend Gatot Subroto Kav. 94, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12780, Indonesia. SMESCO merupakan kepanjangan dari "Small and Medium Enterprises and Cooperatives", atau KUKM - Koperasi dan Usaha Kecil...

Monday, 02-November-2015 00:50

www.smecda.com

Portal yang diperuntukkan bagi kalangan KUKM untuk memenuhi kebutuhan sarana promosi, informasi dan komunikasi.

KONTAK KAMI

KEMENTERIAN KOPERASI DAN USAHA KECIL DAN MENENGAH

Jl. H.R. Rasuna Said Kav. 3-4, Kuningan, Jakarta 12940

EMAIL : bagdat@remove-this.depkop.go.id | TELP : 021-520 4366 - 72

FORM KONTAK

Form Kontak

Kontak Kami
captcha

GOOGLE MAP