KEMENTERIAN KOPERASI DAN USAHA KECIL DAN MENENGAH REPUBLIK INDONESIA

Kemenkop ajak Mahasiswa jadi Wirausaha

Thursday, 20-April-2017 20:58 | Siaran Pers, News Ticker

Bandung - Sekretaris Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Agus Muharam mengatakan berdasarkan data Bank Indonesia jumlah wirausaha di Indonesia saat ini baru mencapai 3,1 persen dari total penduduknya. Angka tersebut jauh tertinggal dibandingkan dengan jumlah wirausaha di negara Asia Tenggara lain.

"Jadi Seminar Nasional bertema peran wirausaha dalam kemandirian ekonomi Indonesia ini, sangat penting, untuk mendongkrak munculnya wirausaha baru, " kata Agus Muharram di Aula Kampus IV Universitas Pasundan Jl Tamansari, Bandung, Kamis (20/4/2017).

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Bidang Ekonomi Kreatif dan Telekomunikasi BPD HIPMI Jabar Jimmy Hendrik, Wakil Rektor I Unpas Jaja Suteja, Dekan Fakultas Bisnis Unpas Atang Hermawan, dan 300 mahasiswa.

Dijelaskan Agus Muharram, untuk memulai wirausaha ada tiga hal yang harus pertimbangkan, pertama produk apa yang ingin dijual, kedua memastikan apakah produk tersebut bisa terjual dan ketiga menentukan target pasar.

"Jadi memulai bisnis itu tidak sulit. Asalkan sudah ada barang (atau jasa/layanan) yang akan dijual dan bisa menjaga kepercayaan terhadap pelanggan atau pembeli baik saat menjual maupun purna jualnya," jelas Agus.

Syarat menjadi wirausaha yang sukses itu tambah Agus, ada lima. Meliputi knowledge (pengetahuan), skill (ketrampilan), network (jejaring pertemanan), opporunity challenge (kemampuan menciptakan/memanfaatkan peluang) dan mental attitude (sikap atau perilaku) yang pantang menyerah.

Ketua Bidang Ekonomi Kreatif dan Telekomunikasi BPD Hipmi Jabar Jimmy Hendrik mengatakan keinginan pemerintah menambah jumlah wirausaha muda Indonesia harus direspon mahasiswa dengan sebaik baiknya.

"Kalau ingin menjadi wirausaha yang sukses. Saat ini yang cocok terjun ke bidang industri kreatif, sebab eksekusinya lebih mudah, apalagi Bandung adalah pusatnya Industri kreatif di Indonesia," kata Jimmy.

Terlebih, jelas Jimmy semua disiplin ilmu ada di Unpas. Jadi mahasiswa Unpas bisa berkolaborasi secara bersama-sama mengcreate produk, mempelajari manajemen pemasarannya dan tidak kalah pentingnya mempelajari manajemen keuangannya.

"Jadi ada yang membikin produk, ada yang memasarkan ada yang memanage perusahaannya, " jelas Jimmy.

Wakil Rektor I Unpas Jaja Suteja mengatakan kalau ingin menjadi wirausaha mahasiswa itu harus bisa didorong keluar dari zona nyaman (out of the box).

"Dan disini kita akan mendorong mahasiswa itu mencintai dunia wirausaha. Tentunya dengan disiplin ilmu. Pada sisi yang lain, mahasiswa itu didorong. Mental dan attitude-nya, dan apa yang dikatakan pak Agus Muharram tadi benar, untuk jadi seorang wirausaha mahasiswa tak boleh lagi jadi anak mama, " jelas Jaja.

Bandung 20 April 2017
Humas Kementerian Koperasi dan UKM

LAMPIRAN

WEB TERKAIT

Tuesday, 07-February-2017 11:57

pembiayaan.depkop.go.id

Wirausaha Pemula 3 - Fokus Utama Wirausahaan Pemula Tahun 2017

Monday, 25-January-2016 20:19

www.depkop.go.id [tampilan versi lama]

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. Alamat:Jl. HR. Rasuna Said Kav. 3-4 Kuningan, Jakarta Selatan 12940

Monday, 25-January-2016 20:19

www.lpdb.id

Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Jl. Letjend. MT. Haryono Kav. 52-53 Jakarta 12770 - Kotak Pos 4370 Telepon. 021-7901440, 7990756 Fax. 021-7989746

Monday, 25-January-2016 20:19

www.smescoindonesia.com

SMESCO Indonesia. Alamat: Gedung SME Tower Lt.5, Jend Gatot Subroto Kav. 94, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12780, Indonesia. SMESCO merupakan kepanjangan dari "Small and Medium Enterprises and Cooperatives", atau KUKM - Koperasi dan Usaha Kecil...

Monday, 02-November-2015 00:50

www.smecda.com

Portal yang diperuntukkan bagi kalangan KUKM untuk memenuhi kebutuhan sarana promosi, informasi dan komunikasi.

KONTAK KAMI

KEMENTERIAN KOPERASI DAN USAHA KECIL DAN MENENGAH

Jl. H.R. Rasuna Said Kav. 3-4, Kuningan, Jakarta 12940

EMAIL : bagdat@remove-this.depkop.go.id | TELP : 021-520 4366 - 72

FORM KONTAK

Form Kontak

Kontak Kami
captcha

GOOGLE MAP