Klik pada gambar di bawah ini untuk mengaktifkan slideshow

Galeri

Kolom Berita

 

Pemerintahan Jokowi Diminta Terus Beber Koperasi dan UMKM

Attention: open in a new window. PDFPrintE-mail

Pemerintahan Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla diminta melanjutkan program pengembangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Selain membantu mengurangi kemiskinan dan pengangguran. Koperasi juga dianggap sebagai Soko Guru Ekonomi Indonesia.

PERTUMBUHAN Koperasi UMKM terus meroket dari tahun ke tahun sehingga mampu mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan di Indonesia. Berdasarkan data dari Dekopin, jumlah koperasi di Indonesia berkembang pesat sejak 2009 hingga 2014 dari 110.470 unit koperasi menjadi 203.701 unit. Jumlah anggota koperasi pun ikut berkembang dari 29,2 juta

read more...

Lanjutkan Program Kredit usaha Rakyat

Attention: open in a new window. PDFPrintE-mail

JAKARTA - Pemerintahan yang baru diminta melanjutkan program pembiayaan untuk pengusaha pemula kredit usaha rakyat (KUR). Namun, perlu ada perbaikan dari sisi kriteria nasabah dan akses ke perbankan.

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia DKI Jakarta (Hipmi laya), Rama Datau, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (14/10), meminta agar pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla bisa melanjutkan program KUR yang selama ini menjadi pembiayaan lunak untuk membantu para pengusaha pemula.

read more...

Kemenkop Bakal Tindak 61.468 Koperasi Tidak Aktif

Attention: open in a new window. PDFPrintE-mail

Purwokerto - Kementerian Koperasi dan UKM segera mengambil tindakan terhadap 61.468 koperasi tidak aktif sebagai salah satu upaya menyehatkan koperasi secara keseluruhan di Indonesia. "Ada beberapa langkah yang kami ambil untuk koperasi-koperasi yang tidak aktif ini," kata Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM Setyo Heriyanto di Purwokerto, Kamis.

read more...

LPDB Salurkan Rp1,59 Triliun

Attention: open in a new window. PDFPrintE-mail

JAKARTA-Dana bergulir yang disalurkan oleh Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB)-KUMKM tahun ini telah terserap 1,59 triliun rupiah atau 60,26 persen dari target penyaluran sebesar 2,65 triliun rupiah.

read more...

Syarief Hasan Menteri Koperasi Mendatang Tinggal Melanjutkan Meningkatkan Program

Attention: open in a new window. PDFPrintE-mail

Saat ini, koperasi Indonesia sudah diakui dunia internasional. Seiring dengan itu, sekitar 10 koperasi juga akan mengikuti jejak koperasi karyawan PT Semen Gresik yang sudah terlebih dahulu mendapat pengakuan internasional, sesuai dengan standar internasional. Selain itu program GKN juga berhasil meningkatkan prosentase peningkatan wirausaha Indonesia.

read more...

Penganugerahan KSP Award 2014

Attention: open in a new window. PDFPrintE-mail

Dalam rangka mewujudkan Koperasi Indonesia menuju Koperasi Kelas Dunia (World Class Cooperative), dengan ini kami informasikan bahwa Kementerian Koperasi dan UKM cq. Deputi Bidang Pembiayaan akan menyelenggarakan "Penganugerahan KSP Award 2014".

 

read more...

LPDB Gandeng Bank Panin Syariah untuk Permudah Akses Permodalan UMKM

Attention: open in a new window. PDFPrintE-mail

PT Bank Panin Syariah Tbk menandatangani Nota Kesepahaman dengan Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (LPDB-KUMKM) dalam pemanfaatan dana dan fasilitas pembiayaan.

Adapun penandatanganan kerjasama ini guna mempermudah akses permodalan koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah. Dimana kemitraan ini menerapkan pola penyaluran yang diharapkan mampu mengembangkan kapasitas koperasi dan UMKM.

read more...

Sjarifuddin Hasan Mundur sebagai Menteri Koperasi Pertengahan September

Attention: open in a new window. PDFPrintE-mail

CISARUA - Sjarifuddin Hasan menyatakan akan mengundurkan diri dan meletakkan jabatannya sebagai Menteri Koperasi dan UKM pada pertengahan September 2014 menjelang pelantikannya sebagai anggota DPR RI. "Saya akan mundur pada pertengahan September 2014 karena akan dilantik sebagai anggota DPR RI periode 2014-2019," katanya Selasa (26/8).

read more...

UU KOPERASI Dibatalkan MK, Koperasi di Indonesia Diminta Ubah Anggaran Dasar

Attention: open in a new window. PDFPrintE-mail

YOGYAKARTA - Perubahan anggaran dasar harus dilakukan seluruh koperasi di Indonesia secepatnya.

Hal itu harus dilakukan setelah Mahkamah Konstitusi (MK) yang membatalkan UU Nomor 17 Tahun 2012 tentang Perkoperasian.

"Koperasi-koperasi yang didirikan berdasarkan UU Nomor 17 tahun 2012 tentang Perkoperasian tetap sah secara hukum karena UU ini pernah berlaku sebagai hukum positif namun tetap harus menyesuaikan kembali anggaran dasar dan anggaran rumah tangga sesuai UU Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian dan Peraturan Pelaksananya," kata Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi

read more...

LAYANAN PUBLIK

CALL-CENTER-KUKM-500587.jpg

Jumlah Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini1863
mod_vvisit_counterKemarin3528
mod_vvisit_counterMinggu ini5391
mod_vvisit_counterMinggu lalu26889
mod_vvisit_counterBulan ini73834
mod_vvisit_counterBulan lalu107959
mod_vvisit_counterTotal kunjungan5615278

We have: 61 guests, 20 bots online
IP: 54.225.57.156
 , 
Oct 21, 2014

Info Pramusrembang

show

Rapat Koordinasi Tindak Lanjut Hasil Pra-Musrenbangnas Bidang Pemberdayaan Koperasi dan UMKM.

 

Kriteria USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH

show

Sesuai dengan Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2008  tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, salah satu pengertian UMKM adalah usaha produktif milik orang perorangan dan/atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria Usaha Mikro sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini.