Klik pada gambar di bawah ini untuk mengaktifkan slideshow

Galeri

ImageKementerian Koperasi dan UKM melakukan Bimbingan Teknis Pemberdayaan Usaha KUMKM  daerah Wisata dan Usaha Mikro Perikanan Wilayah Pesisir di Kabupaten Belitung. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah pada tanggal 26 April 2010 telah melakukan Bimbingan Teknis Pemberdayaan Usaha KUMKM, bertempat di Hotel Grand Pesona Impian Kab. Belitung dengan peserta berjumlah 80 orang usaha mikro dan kecil (UMK), diantaranya bidang usaha wisata sebanyak 30 orang, pengolahan perikanan sebanyak 50 orang yang berasal dari Kab. Belitung dan Kab. Belitung Timur.

Pemerintah Dorong Akuntabilitas Koperasi PDF Print E-mail
Written by Artikel   
Monday, 24 September 2012 10:11

JAKARTA-Koperasi didorong meningkatkan akuntabilitas agar berkembang menjadi organisasi yang mampu bersaing dengan pelaku usaha lain. Setyo Heryanto, Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM, mengatakan akuntabilitas menggambarkan pengelolaan usaha yang profesional, menciptakan kredibilitas, dan meningkatkan kepercayaan anggota. "Output dan outcome akuntabilitas akan mengdongkrak daya saing koperasi baik dalam bisnis di level lokal, nasional, bahkan internasional," katanya kepada Bisnis di Jakarta, Minggu (23/9).

Namun, ujarnya, akuntabilitas tidak datang begitu saja. Kondisi internal koperasi perlu berubah dan dibarengi dengan kemampuan pembina untuk membimbing organisasi itu menata sisi akuntabilitasnya.  Setyo melanjutkan di balik manfaat dan outcome positif, ada tantangan yang perlu dicairkan misalnya tuntutan perubahan bukan menjadi halangan. Organisasi dan perusahaan lainnya juga mampu melakukan perubahan ke arah positif.

Kementerian Koperasi dan UKM melalui Deputi Bidang Kelembagaan Koperasi dan UKM, katanya, memberikan konsentrasi pembinaan penataan akuntabilitas pada koperasi, dan pada usaha kecil serta menengah.

Menurutnya, program penataan akuntabilitas diharapkan mampu meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan koperasi, sehingga membangun daya saing yang lebih tinggi lagi. "Untuk melaksanakan penataan akuntabilitas koperasi jelas menjadi tantangan bagi perubahan. Akan tetapi, semua tantangan itu harus dilaksanakan karena akuntabilitas secara konsepsional bukan topik yang berdiri sendiri," papar Setyo.

Akuntabilitas merupkan satu diantara lima prinsip good governance yakni tranparansi, akuntabilitas, responsibilitas, kemandirian, dan fairness. Prinsip akuntabilitas memiliki poin kuat dalam penataan pengelolaan yang baik termasuk koperasi.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM Syarifuddin Hasan menuturkan pemerintah tidak pernah mewajibkan koperasi berubah menjadi badan usaha perseroan terbatas (PT) atau persekutuan komanditer (commanditaire vennootschap/ CV) untuk menghadapi Asean Economic Community 2015.

"Surat edaran yang kami sampaikan kepada Gubernur seluruh Indonesia hanya untuk mendorong koperasi mendirikan PT dan CV. Bukan mengubah koperasi jadi badan usaha PT dan CV," katanya pada Jumat (21/9).

Pernyataan itu merupakan tanggapan Menkop dan UKM atas protes Lembaga Studi Pengembangan Perkoperasian Indonesia (LSP2I). Koperasi yang diminta berubah badan hukum menjadi PT atau CV adalah badan hukum yang memiliki aset di atas Rp5 miliar. "Surat edaran tersebut menandakan ketidakpahaman pemerintah pada landasan filosofi koperasi," kata Ketua LSP2I Suroto.

Produk hukum Kementerian Koperasi dan UKM yang dimaksud Suroto adalah Surat Edaran No. 90/M.KUKM/VIII/2012 tertanggal 16 Agustus 2012 tentang Revitalisasi Badan Usaha Koperasi dengan Pembentukan Usaha PT/CV.

Syarifuddin mengatakan pemerintah hanya mendorong koperasi yang bermodal di atas Rp5 miliar untuk melakukan diversifikasi usaha melalui pendirian PT atau CV.

Hal itu diharapkan dapat mengurangi kelemahan koperasi yang harus mengikuti aturan atau proses rapat anggota koperasi setahun sekali.

Sumber : Bisnis Indonesia

 

LAYANAN PUBLIK

CALL-CENTER-KUKM-500587.jpg

Jumlah Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini2619
mod_vvisit_counterKemarin4470
mod_vvisit_counterMinggu ini19218
mod_vvisit_counterMinggu lalu32836
mod_vvisit_counterBulan ini64752
mod_vvisit_counterBulan lalu75579
mod_vvisit_counterTotal kunjungan5424844

We have: 66 guests, 14 bots online
IP: 54.198.138.221
 , 
Aug 28, 2014