Klik pada gambar di bawah ini untuk mengaktifkan slideshow

Galeri

Image

Asosiasi Konsultan Hak Kekayaan Intelektual Indonesia (AKHKI) telah memberikan pendampingan kepada kalangan usaha mikro kecil, dan menengah (UMKM) industri kreatif di Indonesia. Hal yang sama juga dilakukan Kementerian Koperasi dan UKM. Deputi Bidang Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Chairul Djamhari menyatakan, pihaknya telah memberikan pendampingan dan bantuan sertifikasi HKI kepada kalangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) industri kreatif.

UNJ-Kementerian UKM Gelar Lomba Penulisan Proposal Rencana Bisnis PDF Print E-mail
Written by Artikel   
Wednesday, 30 January 2013 09:15

JAKARTA—Universitas Negeri Jakarta akan mengoptimalkan potensi mahasiswanya menjadi wirausaha pemula melalui lomba penulisan proposal bisnis atau business plan yang diinisisasi Kementerian Koperasi dan UKM melalui Gerakan Kewirausahaan Nasional 2013.

Pembantu Rektor III Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Fachruddin Arbah, menegaskan lembaga itu sangat optimistis dari total 26.000 mahasiswa akan mendominasi lomba penulisan proposal bisnis untuk menjadi wirausaha pemula.

”Secara pribadi saya akan mendorong seluruh mahasiswa untuk mengikuti lomba penulisan itu,” katanya kepada sekitar 200 mahasiswa UNJ yang hadir pada sosialiasi Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) 2013 di Aula Perpusatakaan UNJ, Selasa (29/01).

Dia menegaskan, mahasiswa tidak bisa hanya mengandalkan keilmuannya untuk menjadi orang sukses. Oleh karena itu harus ada semangat lain untuk mendorong kesuksesan itu. Misalnya melalui kewirausahaan yang saat ini tengah digalakkan pemerintah.

Dia berjanji, bagi mahasiswa UNJ yang tidak mengikuti sosialiasi GKN, akan diinformasikan supaya mengikuti lomba penulisan proposal usaha. Apalagi disediakan modal usaha hingga Rp25 juta seperti yang disediakan Kementerian Koperasi dan UKM.

”Meski hanya 10 yang nantinya bisa lolos penilaian untuk menerima permodalan, UNJ dan mahasiswa harus bangga. Itu sebabnya harus ada semangat untuk mengikuti lomba ini, diballik disiplin ilmu di perguruan ini yang harus kalian selesaikan,” tegasnya.

Menurut dia, peluang menjadi wirausaha melalui lomba penulisan proposal harus diikuti, karena merupakan bagian dari menangkap ujian yang lebih besar menuju masa depan. “UNJ sebagai satu-satunya perguruan tinggi negeri di Jakarta, harus bisa menunjukkan kualitasnya melalui lomba penulisan proposal menjadi wirausaha pemula.”

Prakoso Budi Susetio, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Koperasi dan UKM, menambahkan program yang diusung ini merupakan upaya mengembangkan atau meningkakan jumlah wirausaha nasional yang saat ini jumlah masih di bawah 2% dari populasi penduduk.

”Tepatnya, baru mencapai 1,56% atau setara dengan sekitar 4 juta pelaku usaha. Mungkin saat ini sudah mendekati angka 1,9%, namun gerakan untuk menciptakan wirausaha harus terus dilakukan. Saat ini kita masih membutuhkan sekitar 1 juta wirausaha baru,” katanya.

Meski demikian, dia mengingatkan agar mahasiswa yang mengikuti lomba penulisan proposal bisnis, harus berlaku jujur, jangan membuat proposal yang kurang rasional dari sisi permodalan dengan usaha yang hendak dijalankan.

Pemenang lomba penulisan proposal bisnis diumumkan pada 18 Maret 2013 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, bersamaan peringatan tiga tahun GKN. Acara ini akan dihadiri entrepreneurs muda dunia maupun artis ternama ibu kota, serta dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Sumber : Bisnis Indonesia

 

LAYANAN PUBLIK

CALL-CENTER-KUKM-500587.jpg

Jumlah Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini659
mod_vvisit_counterKemarin5978
mod_vvisit_counterMinggu ini18927
mod_vvisit_counterMinggu lalu29133
mod_vvisit_counterBulan ini84527
mod_vvisit_counterBulan lalu107959
mod_vvisit_counterTotal kunjungan5625971

We have: 16 guests, 9 bots online
IP: 54.82.82.201
 , 
Oct 23, 2014