Klik pada gambar di bawah ini untuk mengaktifkan slideshow

Galeri

ImagePelaku usaha kecil menengah (UKM) di kawasan tengah dan timur Indonesia berpeluang meningkatkan ekspor ke Brunei Darussalam, Malaysia, dan Filipina dengan memanfaatkan perjanjian kerja sama BIMP-EAGA. BIMP-EAGA {Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia and Phi-lipines East Asean Growth Area) merupakan kerja sama peningkatan pertumbuhan ekonomi kawasan di antara empat negara Asean.

Izin koperasi simpan pinjam dijamin mudah PDF Print E-mail
Written by Artikel   
Friday, 14 January 2011 10:02

JAKARTA Pemerintah menjamin kelancaran perizinan bagi koperasi simpan pinjam (KSP) yang ingin ekspansi membuka kantor cabang di daerah.

Menkop dan UKM Sjarifuddin Hasan meminta para pejabat terkait di Kementerian Koperasi dan UKM, jangan mempersulit proses perizinan. Pengembangan cabang KSP harus dipermudah karena kehadirannya membantu permodalan pelaku usaha mikro dan kecil.

Dukungan melalui perizinan tersebut merupakan salah satu antisipasi terhadap maraknya perbankan swasta besar dan bank asing yang ikut melayani debitur sektor riil, utamanya usaha mikro dan kecil.

Karena itu, lembaga keuangan mikro (LKM) berbadan hukum koperasi harus siap mengantisipasi dan berkompetisi dengan kehadiran perbankan skala besar yang makin gencar memasuki pangsa pasar koperasi.

Pemerintah, kata Sjarifuddin, akan memfasilitasi kebutuhan operasional LKM tersebut, terutamalicik.ni.ni dengan regulasi. Dengan catatan, operasionalisasi itu tidak bersinggungan dengan kebijakan Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin).

Menkop juga minu bawahannya menerbitkan nomor khusus bagi setiap kehadiran KSP. Identitas itu mempermudah proses perizinan bagi yang ingin melaksanakan ekspansi pembukaan kantor cabang.

"Ketika mereka mau membuka kantor cabangnya, cukup menyertakan nomornya. Selanjutnya. prosesnya jadi lebih mudah. Saya minta jangan pernah mempersulit proses perizinan bila bisa dipermudah sebab, dengan nomor itu berani mereka sudah mempunyai izin."

Sjarifuddin menyambut baik ide Forum Komunikasi dan Sinergi Koperasi Jasa Keuangan Indonesia (FKSKJKI) yang (urut memikirkan solusi bagi pembiayaan sektor riil. "Sebab, makin banyak yang memikirkan sektor riil dari sisi pembiayaan, akan memperkuat sektor itu." Pengembangan kantor cabang KSP memang wajib setelah FKSKJKI resmi ber diri.


Sumber : Bisnis Indonesia

 

LAYANAN PUBLIK

CALL-CENTER-KUKM-500587.jpg

Jumlah Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini4894
mod_vvisit_counterKemarin4146
mod_vvisit_counterMinggu ini16440
mod_vvisit_counterMinggu lalu22822
mod_vvisit_counterBulan ini79273
mod_vvisit_counterBulan lalu104130
mod_vvisit_counterTotal kunjungan5015925

We have: 82 guests, 4 bots online
IP: 54.197.189.165
 , 
Apr 23, 2014