Klik pada gambar di bawah ini untuk mengaktifkan slideshow

Galeri

ImageKementerian Koperasi dan UKM melakukan Bimbingan Teknis Pemberdayaan Usaha KUMKM  daerah Wisata dan Usaha Mikro Perikanan Wilayah Pesisir di Kabupaten Belitung. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah pada tanggal 26 April 2010 telah melakukan Bimbingan Teknis Pemberdayaan Usaha KUMKM, bertempat di Hotel Grand Pesona Impian Kab. Belitung dengan peserta berjumlah 80 orang usaha mikro dan kecil (UMK), diantaranya bidang usaha wisata sebanyak 30 orang, pengolahan perikanan sebanyak 50 orang yang berasal dari Kab. Belitung dan Kab. Belitung Timur.

Berita Kementerian
UKM butuh pusat promosi PDF Print E-mail
Thursday, 01 December 2011 13:38

BATAM Kalangan pengusaha Kota Batam mengharapkan setiap agenda promosi dan pameran produk usaha mikro, kecil dan menengah bisa berkelanjutan dan terjadi transaksi saling menguntungkan. Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Batam Oka Simatupang mengatakan banyak agenda pameran di Batam yang berakhir hanya bersifat konsumtif, lokal tetapi tidak ke arah pengembangan pasar produk berkelanjutan termasuk rintisan ekspor. "Kami ingin pameran dan promosi produk yang digelar bisa berkelanjutan mengingat kunjungan turis di Batam sangat tinggi dan harus dimanfaatkan," ujarnya, kemarin.

Read more...
 
Bawang Goreng Tembus Malaysia PDF Print E-mail
Thursday, 01 December 2011 13:35

PALU - Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan meresmikan bawang goreng sebagai produk unggulan Sulawesi Tengah. Penetapan tersebut sebagai wujud konkret dari pengembangan komoditas unggulan setiap kota. "Ini merupakan langkah percepatan pengembangan ekonomi sektor riil," kata Syarief saat peresmian bawang goreng sebagai produk unggulan Sulteng, di Palu kemarin. Menurut dia, pengembangan komoditas unggulan tersebut sebagai realisasi dari hasil keputusan Kemenkop dan UKM dengan Komisi VI DPR mengenai 100 titik one village one product. Dalam kurun waktu 2010-2014 diharapkan tercapai lOOproduk unggulan. Sejauh ini, baru ditetapkan 38 produk unggulan dari masing-masing daerah.

Read more...
 
Koperasi besar jadi agen perubahan PDF Print E-mail
Wednesday, 30 November 2011 15:04

JAKARTA Kementerian Koperasi dan UKMmenetapkan 98 unitkoperasi skala besar sebagai penghela kemajuan gerakan koperasi di berbagai daerah. Seluruh koperasi skala besar tersebut mencakup jenis koperasi simpan pinjam, koperasi produsen, koperasi konsumen, koperasi jasa, dan koperasi pemasaran. Unit koperasi besar tersebut selanjutnya dijadikan sebagai penghela kinerja koperasi lain di seluruh Indonesia agar semakin produktif dan berdaya saing dalam eksistensi usaha sesuai dengan bidang bisnis masing-masing.

Untung Tri Basuki, Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM, mengatakan ke-98 koperasi tersebut selanjutnya diintegrasikan dengan koperasi di wilayahnya masing-masing sesuai dengan jenis usahanya. Ini merupakan bagian dari reformasi organisasi koperasi. Lalu koperasi itu akan difasilitasi kepada sumber produktif, terutama sumber pembiayaan dan teknologi," katanya kemarin.

Fasilitasi itu diharapkan bisa mengembangkan usaha yang dijalankan koperasi. Selain itu, agar bisa melakukan restrukturisasi usaha maupun diferensisasi layanan. "Program penataan kembali koperasi untuk memenuhi jati diri koperasi."

Sejumlah koperasi yang telah dipersiapkan menjadi koperasi skala besar tersebut terdiri atas 32 unit koperasi simpan pinjam (KSP), 28 unit koperasi produsen, 19 unit koperasi konsumen, 10 unit koperasi jasa, dan delapan unit koperasi pemasaran.

Menurut Untung, peningkatan kualitas dan kapasitas koperasi merupakan bagian dari agenda besar Kementerian Koperasi dan UKM untuk melaksanakan program revitalisasi terhadap gerakan koperasi.

Salah satu perubahan yangdirintis adalah mengubah pola pikir kelompok tersebut, di antaranya mendidik dan memberi pemahaman agar tidak selalu bergantung kepada pemerintah.

Paling tidak, kata Untung, mereka jadi berani di pasar bebas. Apalagi setelah pemerintah meningkatkan keunggulan komparatifnya, khususnya melalui profesionalisme manajemen.

"Satu prioritas utama menjadikan koperasi itu kuat dari sisi permodalan adalah mengembangkan partisipasi anggota untuk memupuk keuangan, terutama untuk memperkuat aktivitas transaksi," ujar Untung.

Bantuan komputer

Dalam perkembangan lain pemerintah membantu perangkat operasional komputer siap pakai bagi 10.000 koperasi, lengkap dengan jaringan koneksi online untuk meningkatkan kinerja.

Braman Setyo, Deputi Bidang Produksi Kementerian Koperasi dan UKM, mengatakan fasilitasi ini diberikan kepada koperasi yang dinilai telah mengikuti era modernisasi dan bisa direalisasi berkat kerja sama dengan PT

Telkom Indonesia.

Target 10.000 koperasi yang akali difasilitasi koneksinya secara online, hingga 2014. Jumlah ini hasil kesepakatan dan rencana kerja PT Telkom bersama Kementerian Koperasi dan UKM," ujarnya.

Pada tahap awal fasilitas serupa sudah dilakukan kepada sekitar 60 koperasi di seluruh Indonesia. Perangkat teknologi canggih secara online diberikan, berdasarkan kesepakatan kerja sama yang diteken pada Hari Koperasi Nasional 2010 di Surabaya.

Adapun koperasi yang telah memanfaatkan teknologi modern tersebut sebagai sarana komunikasi terhadap sesama koperasi maupun anggota, lebih banyak dimanfaatkan KSP.

Mulai 2012, kata Braman, Kemenkop mengarahkan pemanfaatannya secara merata kepada seluruh gerakan koperasi. Pemanfaatan teknologi informasi bagi gerakan koperasi, untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi.

Sultan Effendi, Asisten Deputi Urusan Tanaman Pangan dan

Hortikulutra Kemenkop menambahkan pada tahap awal tahun inf, fasilitasi akan diberikan merata kepada lima koperasi di setiap provinsi.

"Kelima koperasi tersebut dijadikan sebagai proyek percontohan yang juga dilengkapi modem sebagai koneksinya. Perangkat tersebut diberikan PT Telkom kepada koperasi yang kami tunjuk," ujarnya.

Perangkat yang diberikan tersebut gratis selama 6 bulan Setelah itu dilakukan perhitungan sewa dengan harga di bawah standar perusahaan jasa serupa.

Setelah fasilitasi diberikan merata ke provinsi, selanjutnya diperluas ke tingkat kabupaten/kota. Jika ada koperasi di daerah sama yang berminat, proses selanjutnya melalui koperasi penerima fasilitas pertama.

"Jika perangkat dan fasilitas tersebut dibeli tunai, nilainya kami perhitungkan mencapai Rp20 juta. Dengan penawaran sewa yang diawali dengan pemakaian gratis 6 bulan, akan bermanfaat bagi koperasi."

Sumber : Bisnis Indonesia

 
Program OVOP pacu produktivitas PDF Print E-mail
Wednesday, 30 November 2011 11:10

JAKARTA Program one village one product yang diterapkan Kementerian Koperasi dan UKM pada pengembangan potensi komoditas unggulan jeruk di Bali mampu meningkatkan produksi maupun omzet per hektare. Budi daya jeruk di Bali yang dilakukan dengan pendekatan program OVOP pada 2010, khususnya di Kabupaten Bangli, mencakup luas area 6,905 hektare sedangkan luas areal yang belum dibina sekitar 5,475 ha. Jumlah pelaku usaha kecil menengah selaku petani yang dibina Kemenkop saat ini mencapai 55 orang.

Read more...
 
Anugerah Partisara UKM PDF Print E-mail
Wednesday, 30 November 2011 11:02

JAKARTA Sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas kinerja UKM, Kementerian Koperasi dan UKM melalui Deputi Pengembangan dan Restrukturisasi usaha memberi anugerah kepada lima dari puluhan pelaku UKM di gedung SME Tower, kawasan Gatot Soebroto. Jakarta Selatan belum lama ini. Anugerah bernama Partisara Utama 2011 diberikan kepada pelaku UKM sektor makanan, minuman, dan kemasan yang dinilai berprestasi terbaik di seluruh Indonesia oleh tim dewan juri terdiri dari pewakilan BSN (Badan Sertifikasi Nasional), Kadin, Gapmi, perguruan tinggi, serta Kementerian Koperasi dan UKM.

Read more...
 
<< Start < Prev 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 Next > End >>

Page 93 of 166

LAYANAN PUBLIK

CALL-CENTER-KUKM-500587.jpg

Jumlah Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini2289
mod_vvisit_counterKemarin4496
mod_vvisit_counterMinggu ini24969
mod_vvisit_counterMinggu lalu22822
mod_vvisit_counterBulan ini87802
mod_vvisit_counterBulan lalu104130
mod_vvisit_counterTotal kunjungan5024454

We have: 32 guests, 13 bots online
IP: 54.227.62.141
 , 
Apr 25, 2014